Format Request
Format request merupakan sub menu pengaturan yang berisikan kumpulan format transaksi. Melakukan perubahan pada format transaksi diantaranya penukaran posisi parameter transaksi, mengurangi parameter, serta menambahkan parameter sangat TIDAK DIREKOMENDASIKAN karena akan berdampak pada gangguan transaksi dan membutuhkan waktu untuk mengembalikan struktur menu dan format transaksi. Namun demikian, pengguna di berikan peluang untuk melakukan perubahan awalan dari format transaksi. Misalkan format cek saldo yang standarnya S.PIN di ubah awalan menjadi SALDO.PIN
Disamping format transaksi, terdapat juga Format Auto Respon. Fungsinya adalah untuk membeirkan informasi terkait format transaksi. Contoh sederhana dari pengisian halaman Format Auto Respon adalah seperti gambar 1.2 di bawah ini.

Apabila mitra atau reseller mebutuhkan informasi yang berkaitan dengan transaksi maka yang bersangkutan dapat mengirimkan pesan kata kunci sesuai yang diinput di kolom Kata Kunci. Misal kata kuncinya adalah BANK lalu pada kolom Balasan diinput daftar rekening bank untuk deposit, maka pada saat mitra mengirimkan kata BANK ke center, yang bersangkutan akan mnerima balasan berupa daftar nomor rekening.
Format Balasan
Format balasan pada IRS dapat dilakukan modifikasi atau penyesuaian denga kebutuhan atau kondisi transaksi . Gantilah kata <Tambahan> dengan kata <info> agar pesan informasi dapat di terima Reseller

Utility
Pada menu utility terdapat perintah perintah yang bekerja baik secara otomatis maupun secara manual. Adapun penampakan pada jendela utility adalah sebagai berikut

- Hapus Sender Bin : berfungsi untuk menghapus proses pengiriman pesan ke mitra dan bukan menghapus pesan. Yang terhapus hanya prosesnya sehingga pesan yang berstatus belum peroses , tdak dapat di tindak lanjuti oleh sistem.
- Hapus Transaksi Bin : Memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Hapus Sender Bin
- Reset Saldo akun : menu ini di butuhkan untuk mengembalikan kondisi akun ke angka 0 (nol)
- Reset Poin Reseller : Poin yang dikumpukan oleh para member melalui transaksinya akan terhapus secara menyeluruh apabila dilakukan reset saldo akun.
- Reset Jurnal : Mengembalikan data transaksi finansial server ke angka 0
- Reset Inbox/Outbok : dilakukan apabila hendak mengembalikan inbok dan outbox jadi 0 (nol). Semua inbox dan outbox yang tersimpan akan terhapus secara permanen.
Option
Pada halaman Option terdapat berbagai pilihan fungsi atau fitur-fitur

Berikut fitur-fitur atau pilihan yang ada pada menu option

Fitur ini berfungsi untuk menolak transaksi dengan nomor tujuan sama.
- Pesan akan dikirim maksimal sesuai dengan angka yang ditentukan jika waktu transaksi sudah
melebihi waktu yang sudah ditentukan

Jika Reseller tidak ada aktifitas dalam waktu yang sudah ditentukan maka reseller tersebut akan otomatis non aktif
- transaksi yang menggunakan SMS akan dikirimi pesan balasan diterima jika fitur ini diaktifkan
- Jika fitur ini diaktifkan maka nomor yang belum terdaftar sebagai reseller akan dikirimi pesan “Nomor belum terdaftar”
- System akan otomatis mengabaikan pesan inbox yang sudah melebihi waktu yang sudah ditentukan jika Engine belum dibuka akan ada SMS info jika ada perubahan selisih atau kenaikan harga
- Jika ada komplain , komplain akan diteruskan atau diforward ke nomor Hp Owner
- Pengisian Pulsa Otomatis

Fitur pengisian pulsa secara otomatis untuk nomor-nomor yang sudah didaftarkan, untuk menambah no baru klik tanda +
- menentukan awalan id reseller disaat pendaftaran reseller baru
- Pilihan user yang dibolehkan approve deposit
- fitur ini untuk menentukan batas waktu transfer tiket deposit

Fitur ini untuk menentukan jam operasional server, yaitu jam buka dan jam tutup server.

Jika fitur ini diaktifkan downline tidak akan bisa bertransaksi jika uplinenya diblokir

Validisi alamat calon Downline bisa dilakukan oleh upline


Jika dicentang aktif maka sistem akan menolak transaksi dengan pin standar, contoh pin standar: 1234, 1122, 2233 dst

Pin yang digunakan jika ada pendaftaran downline oleh upline

fitur untuk menolak nomor sama yang dikirim oleh reseller yang berbeda

Selisih yang digunakan jika upline tidak mengisi selisih atau markup disaat melakukan pendaftaran downline

- Jumlah maksimal nomor yang boleh didaftar pada setiap Reseller
- waktu yang ditentukan untuk pendendapan komisi
- Batas terkecil untuk pembagian komisi, untuk
pembagian komisi dengan format pembagian komisi manual atas jumlah terbesar untuk
penarikan saldo downline oleh upline , jika diisi 0 maka upline tidak akan bisa melakukan penarikan saldo downline kolom untuk mengisi

tujuan-tujuan pengiriman notifikasi
- Jenis Notifikasi pesan yang akan dikirim ke id atau nomor tujuan notifikasi
