Daftar Isi
1. Pendahuluan
Apa itu di Modul Modal ? berikut penjelasannya: Kondisi saat ini mitra harus memberikan deposit dalam bentuk utangan/bon ke Agen yang kalau dijumlah bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah, dimana siklus utangan/bon tersebut hingga utangan/bon dikembalikan oleh Agen bisa memakan waktu 3 hari bahkan lebih. Ini mengakibatkan modal mitra yang tertahan karena utangan/bon tersebut menjadi berlipat-lipat. Untuk membantu meringankan beban di atas kami hadir dengan Modul Modal. Keuntungan untuk mitra adalah utangan/bon tersebut dipindahkan ke Peminjam sampai dengan 2 hari modal kerja (lihat Gambar 1. Ilustrasi mekanisme Modul Modal). Sesuai dengan ilustrasi di bawah dimana Deposit Agen yang berupa utangan/bon pada hari Senin (H), diajukan pencairannya di hari Selasa (H+1) dan untuk pengembaliannya dibayarkan di hari Kamis, dengan demikian modal mitra dapat digunakan lagi (H+1) tanpa harus menunggu pengembalian dari Agen di hari Kamis (H+3).

Untuk semua hal di atas kami siapkan sistem dan modulnya. Tutorial ini menjelaskan cara instalasi dan pengaturan Modul Modal agar dapat melakukan pengajuan pencairan Modal. Disarankan untuk instalasi Modul Modal melalui Request Support ke tim Technical Support.
2. Spesifikasi
Minimum Software iRS versi 9.1 atau versi 9.1.1, hubungi tim Technical Support apabila membutuhkan upgrade software iRS.
3. Fitur
- Untuk mendaftarkan agen-agen terpilih yang melakukan deposit/topup dengan status BON (reseller di set dengan tipe saldo quota).
- Pengajuan dan monitoring pencairan modal.
- Legal dan bekerja sama dengan pihak-pihak peminjam resmi yang untuk saat ini adalah KREDITPRO.
4. Instalasi
Dibawah adalah langkah-langkah untuk melakukan instalasi mandiri dengan asumsi mitra telah mengerti sistem dan resikonya. Sangat disarankan agar proses instalasi dilakukan oleh tim Technical Support.
4.1 File-file Instalasi
Siapkan file-fie Modul Modal dibawah, untuk mendapat file tersebut dapat menghubungi tim Helpdesk atau Technical Support:
- Kreditpro.exe
- Kreditpro.sql
- ModulModal.jar
- ModulModal.bat
4.2 Langkah-langkah Instalasi
Di bawah adalah langkah-langkah instalasi modul java ModulModal dan Kreditpro_irs.
4.2.2 Modul Kreditpro_irs
Berikut langkah-langkah instalasi modul Kreditpro_irs:
- Ekstaksi file kreditpro_irs.zip. 2. Setelah ekstrasi akan ada
- file yaitu kreditpro_irs.sql dan KreditProIRS.exe.
- Kemudian lakukan restore database file kreditpro_irs.sql ke database avr.
- Selanjutnya copy file KreditProIRS.exe ke directori/folder Integrated Reload System.
- Setelah itu buka file KreditProIRS.exe dari directori/folder Integrated Reload System (buat shortcut ke Desktop untuk lebih mudahnya).
5. Pengaturan
Dibawah adalah langkah-langkah untuk melakukan pengaturan, sebagai berikut: Buka modul Kredipro_irs, tampilan tab menu Reseller:

Untuk mendaftarkan agen-agen pilih tab menu Reseller kemudian silakan klik tombol Tambah
Catatan: Sebelumnya reseller di admin IRS (menu Edit Data Reseller) diset dengan tipe Saldo Quota.

Isi kolom yang tersedia:

Pada window Tambah Reseller ini:
- Masukkan Id Reseller pada kolom Id Reseller.
- Masukkan nama reseller pada kolom Nama.
- Masukkan alamat pada kolom Alamat.
- Masukkan nomor handphone pada kolom No HP.
- Kemudian klik tombol Simpan.
6. Monitoring
Untuk monitoring pengajuan, pencairan dan pembayaran dari Modul Modal dapat dilihat pada modul Kreditpro_irs di tab menu Pengajuan atau di iRMA Console Mitra, adapun tampilannya sebagai berikut:
6.1 Menu Pengajuan di modul Kreditpro_irs
Berikut adalah tampilan tab menu Pengajuan di modul Kreditpro_irsl:

6.2 Menu Oper Deposit di iRMA Console
Data Deposit/Bon retailer akan dikirimkan oleh modul Kreditpro_irs ke sistem iRMA jam 22:00 malam waktu server setempat. Maksimum perubahan sebelum jam 22:00 setelah jam 22:00 perubahan data tidak akan diproses oleh sistem. Informasi data pengajuan dapat dilihat di iRMA Console menu Oper Deposit.

Pada halaman Oper Deposit ini:
- Terdapat informasi Tanggal, Status Tagihan, Amount (total pengajuan).
- Klik icon orang untuk melihat detail reseller yang sudah masuk ke sistem iRMA, seperti gambar dibawah ini.

Berikut penjelasan mengenai Status Tagihan:
1. NOTRELEASE: Data pengajuan Oper Deposit sudah terkirim ke iRMA.

2. RELEASED: Data pengajuan Oper Deposit sudah diproses oleh iRMA, data reseller sudah tidak dapat diubah.

3. NOTPAID dengan Status Pembayaran Belum Bayar: Dana Oper Deposit sudah diproses oleh iRMA dan dikirim ke rekening penerima Mitra.

Apabila Oper Deposit sudah jatuh tempo, maka perlu melakukan pembayaran. Setelah proses transfer dana dilakukan maka untuk melakukan konfirmasi pembayaran silakan klik icon kartu seperti gambar dibawah.

Kemudian klik tombol KONFIRMASI PEMBAYARAN untuk melakukan konfirmasi pembayaran dana Oper Deposit.



Konfirmasi pembayaran telah sukses dilakukan.
4. NOTPAID dengan Status Pembayaran Sedang Konfirmasi: Konfirmasi pembayaran sudah diterima oleh iRMA dan dilakukan validasi transfer dana dari Mitra.

5. NOTPAID dengan Status Pembayaran kosong: Pembayaran sudah tervalidasi oleh iRMA dan menunggu konfirmasi dan validasi dari pihak pemberi pinjaman.

6. PAID dengan Status Pembayaran Berhasil: Dana sudah diterima oleh pihak pemberi pinjaman. Pinjaman sudah terbayarkan.

7. Syarat dan Ketentuan
Dibawah adalah syarat dan ketentuan mengikuti Modul Modal, mohon agar Mitra membaca dan memahami. Dengan terpasangnya Modul Modal maka Mitra dianggap telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Modul Modal.
- Mitra menginfokan Nomor Rekening Bank (BCA) penerima dana kepada tim Marketing.
- Mitra mendaftarkan Agen-agen terpilih melalui Modul Modal. Proses pendaftaran Agen cukup dilakukan sekali.
- Setelah proses di atas selesai, Deposit/Topup ke Agen-agen dilakukan seperti biasa.
- Semua Deposit/Topup dari Agen-agen di atas di hari H akan dijumlahkan dan diproses oleh Modul Modal dan sistem iRS pada jam 22:00 waktu setempat (server).
- Deposit/Topup Agen yang akan diproses adalah yang berstatus BON (reseller di set dengan tipe saldo quota).
- Team iRS akan mentransfer dana sesuai jumlah di atas pada pada H+1, paling lambat jam 14:00 WIB ke rekening Mitra.
- Mitra wajib melakukan pengembalian sebesar 100% dari nilai tagihan ditambah 0,2 persen dari nilai tagihan.
- Pengembalian dana ditransfer ke Bank BCA dengan nomor rekening 040-9100033 atas nama Aviana Sumber Anugerah P.
- Untuk setiap keterlambatan pengembalian atau pengembalian sebagian menyebabkan proses pencairan Modal pada hari berikutnya dihentikan.
- Untuk setiap keterlambatan akan dikenakan biaya per harinya sebesar 0,1% dari total tagihan atau 0,1% dari sisa tagihan dari pengembalian sebagian.
- Hari minggu tidak ada kegiatan modul modal untuk pencairan dan pengembalian.
- Dashboard atau laporan Modal dapat dilihat pada iRMA Console Mitra.